12's Resume

Diposting oleh Label: di
 
   
    Tukul (twelve is cool), kepemanduan yang dipandu oleh Kak Izzun dan Kak Bagas ini mempunyai ketua yaitu Wage. Beranggotakan Indri, Ais, Adinda, Miftha, Cakra, Jundana, dan Khanif. Hingga saat postingan ini diunggah, Tukul sudah kumpul kepemanduan sebanyak tiga kali.
Kumpul perdana bertempat di FSM Garden, PMB hari ke 3. Saat kumpul perdana, Tukul hanya dipandu oleh Kak Izzun. Kumpul perdana ini dimanfaatkan untuk menentukan nama kepemanduan dan jargon kepemanduan. Masing-masing anggota oleh Kak Izzun diberi kesempatan untuk mengusulkan nama dan jargon. Setelah nominasi nama dan jargon kepemanduan terkumpul, masing-masing anggota memvoting nama dan jargon mana yang dirasa cukup menggambarkan kepemanduan 12.
         Kumpul kedua, Tukul dipandu oleh Kak Izzun dan Kak Bagas. Saat kumpul kedua ini, Kak Bagas dan Kak Izzun menjelaskan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Melalui PKM, mahasiswa dilatih kreativitas dan kemampuan menuangkan ide mereka ke dalam tulisan. Ada banyak cabang PKM, tetapi yang paling banyak diminati adalah PKM Kewirausahaan. Untuk membuat proposal PKM, mahasiswa harus membentuk kelompok yang beranggotakan tiga sampai lima orang. Dikarenakan kepemanduan 12 beranggotakan delapan orang, Wage memutuskan untuk membagi Kepemanduan 12 menjadi dua kelompok. Kelompok A beranggotakan Cakra, Ais, Miftha dan Indri. Sedangkan kelompok B beranggotakan Wage, Khanif, Jundana dan Adinda. Masing-masing kelompok tersebut membuat satu judul PKM. Kelompok A mengusulkan judul PKM “Es Krim Ragi”, sedangkan kelompok B mengajukan PKM dengan judul “Rainbow Slush”.  Selain menjelaskan mengenai PKM, Kak Izzun juga memaparkan tujuan maba Informatika dikelompok-kelompokkan perkepemanduan. Pada initinya kepemanduan adalah wadah bagi mahasiswa baru untuk menyesuaikan diri dengan budaya kampus. Mengurangi culture shock yang biasanya timbul karena perbedaan latar belakang daerah asal. Kak Izzun dan Kak Bagas juga membuka diri mereka untuk berdiskusi tentang mareti-materi kuliah yang dianggap susah.

        Saat kumpul ketiga, semua anggota kepemanduan hadir kecuali Adinda. Materi yang disampaikan adalah soal etika. Kak Bagas dan Kak Izzun menekankan mabaInformatikauntuk tetapmenjaga etika terhadap kakak tingkat. Kak Izzun juga memberi pengarahan cara berkenalan dengan sopan. Setiap pertemuan kepemanduan, Kak Izzun dan Kak Bagas selalu memberi pengarahan dalam suasana yang santai dan bersahabat, sehingga tidak ada rasa sungkan yang biasa muncul antara mahasiswa baru dan kakak tingkatnya.
Posting Komentar

Back to Top