Rapat Sidang Paripurna Kepemanduan 12

Diposting oleh Label: di
Assalammualaikum wr. wb.
Salam Sejahtera bagi kita semua.
           Dalam artikel kali ini Saya Muhammad Wage selaku ketua kepemanduan 12, akan menceritakan hasil kumpul kepemanduan yang telah diadakan 2 hari yang lalu (latepost -_-).
Dalam rapat kepemanduan yang dilakukan kemarin, materi yang disampaikan oleh pendamping kepemanduan yaitu kak izzun dan kak bagas adalah “Kesatuan dan Kebersamaan”,  “Etika pergaulan”,  “Loyalitas”, serta saran dari kakak tingkat.
           Untuk yang pertama, Kesaatuan dan Kebersamaan. Jurusan Ilmu Komputer/Informatika memiliki ratusan orang di dalamnya dengan berbeda tingkatan dan berbeda kepribadian tentunya. Seperti yang tertulis pada pita yang dibawa burung garuda yaitu “Bhinneka Tunggal Ika”. Berbeda-beda tapi tetap satu. Diharapakan dengan adanya perbedaan itu, mahasiswa-mahasiswa di dalam Informatika bisa lebih solid satu sama lain. Kebiasaan yang terus terjadi yang banyak mahasiswa baru alami adalah kecanggungan terhadap kakak tingkatnya. Ini mungkin terjadi karena presepsi diri sendiri yang menganggap kakak tingkat seseorang “mengerikan” (#maaf kakak :D) . Padahal kalau memang kita bisa mendekati dengan baik, kakak tingkat adalah seseorang benar-benar bisa mengayomi mahasiswa baru dan seseorang yang baik.
            Namun, terkait dengan itu untuk yang kedua yaitu “Etika pergaulan” harus diperhatikan,  tata cara kita mendekati kakak tingkat harus diperhatikan dengan baik. Hal yang pertama harus dilakukan jika bertemu kakak tingkat adalah salam terlebih dahulu lalu perkenalkan diri, lalu meminta dengan sopan untuk bergantian dengan kakak tingkat yang memperkenalkan diri. Maka diharapkan dengan itu akan terjalin sebuah kebersamaan antar tingkatan Informatika.
            Dalam kehidupan kampus mahasiswa pasti akan selalu bertemu dengan sosok seorang dosen, maka layaknya dengan kakak tingkat mahasiswa harus selalu menjunjung tinggi etika baik dihadapan dosen. Terutama bagi mahasiswa baru, carilah citra dihadapan dosen pada tahun pertama karena itu akan mempermudah untuk jalan kedepannya. Lalu, kepedulian antar anggota tingkatan sendiri adalah hal yang sangat penting untuk membangun sebuah keluarga dalam pada tingkatan itu. Jika ada teman yang sakit atau kesusahan tentunya anggota antar tingkatan harus saling membantu.
             
            Sebagai seorang mahasiswa yang berada di bawah naungan Universitas Diponegoro serta Fakultas Sains dan Matematika dan Jurusan Ilmu Komputer/ Informatika  tentunya kita harus menjunjung tinggi nama Universitas, Fakultas, serta Jurusan. Maka yang ketiga adalah perihal “Loyalitas”. Hal ini dapat dilakukan dengan berkontribusi dalam acara-acara atau kegiatan-kegiatan yang dilakukan Universitas, Fakultas atau Jurusan baik tingkat nasional ataupun internasional. Kontribusi ini akan selalu mengangkat nama baik Universitas, Fakultas dan Jurusan. Maka diharapkan untuk mahasiswa baru bisa lebih aktif di kegiatan ataupun berorganisasi.
            Namun, seperti yang disamapikan kak izzun dan kak bagas bahwa walaupun banyak kegiatan yang kita ikuti, kitaharus bisa membagi waktu antara kuliah, kegiatan organisasi atau komunitas dan juga waktu untuk kegiatan pribadi. Karena sebagai mahasiswa kita diharapkan untuk bisa berkerja secara “Multi tasking”.
              Yah, mungkin segitu dulu untuk cerita kali ini. Samapi jumpa di artikel/cerita berikutnya agan-agan dan sista-sista...
#INFORMATIKA JAYA!!!


Moment Saat kumpul,,






Posting Komentar

Back to Top